7 Pos Perjalanan Shirotol Mustaqim

Posted: May 3, 2013 in Uncategorized

7 Pos Perjalanan Shirotol Mustaqim

GambarSahabat bahwa nanti kita semua akan melewati  jembatan menuju surga Allah yang di namaka jembatan Shirotol Mustaqim. Dalam perjalanan tersebut kita akan melewati 7 (tujuh) pos yang jarak pos 1 ke pos yang lain 3000 tahun, 1000 tahun jalan menanjak, 1000 tahun jalan mendatar, 1000 tahun jalan menurun.

Sahabat perjalanan menuju pos pertama kita akan di tanya tentang Iman kepada Allah, seberapakah Iman kita kepada Allah?, ataukah kita masih menyekutukan-Nya? Sahabatku sekalian masih banyak orang di luar sana mengaku Iman, akan tetapi masih banyak yang percaya lainya selain Allah, misalnya, percaya pada alam ghoib, dukun, klenik dan sebagainya. Maka dari itu jika kita ingin selamat dari pos pertama kuatkanlah Iman kita, jaga nikmat Iman ini dengan baik jangan sampai kita mati tidak membawa Iman. Naudzubillah min dzalik.

Selanjutnya dalam perjalan menuju pos ke dua kita akan ditanya tentang sholat, sudah baguskah sholat kita, dan berapa waktu sholat yang kita tinggalkan. Sahabat masih banyak orang yang ber KTP Islam tapi tidak mau melaksanakan sholat.

Sahabat perjalanan menuju pos ke tiga kita akan ditanya tentang puasa ramadhan, dalam semasa hidup kita apakah sudah full puasa kita? Pada zaman akhir2 ini banyak orang yang tidak puasa, bahkan mereka merasa bangga merokok di tempat2 umum, bahkan tidak punya rasa malu berbuat maksiat.

Selanjutnya sahabat perjalanan menuju pos ke empat kita akan di tanya tentang zakat,  sahabatku skalian apakah kita sudah mengeluarkan zakat atau belum?, dan apakah harta kita sudah memenuhi 1 nishob? Jika sudah memenuhi marilah kita keluarkan, soalnya harta yang seharusnya dikeluarkan tidak dikeluarkan akan menghambat kita menuju pos selanjutnya, dan kita akan tergelincir ke neraka yang menanti di bawah.

Pos yang ke lima adalah kita akan di tanya tentang haji dan umroh, sahabat apakah kita sudah memenuhi panggilan mulia ini sedangkan kita sudah mampu untuk menunaikan, meskipun ini khusus bagi orang2 yang mampu dan tidak ada salahnya kalau kita berusaha memenuhi panggilan ilahi yang mulia itu.

Kemudian kita akan menuju pos yang ke enam, di pos ini kita akan ditanya tentang mandi junub kita dan wudlu kita, apakah mandi dan wudlu kita sudah benar sesuai syara’? sahabat pos yang ke enam ini fokus pada thoharoh / sesuci. Ada cerita, Rasulullah melihat sahabat sholat kemudian Rasulullah berkata ulangi sholat kamu, ini sampai 3x, kemudian sahabat binggung dan bertanya kepada Rasulullah, ya Rasulullah, apa yang salah dalam sholatku? Kemudian Rasulullah menjawab, apakah kamu sudah berwudlu? Sahabat menjawab belum ya Rasul, saya tidak tau apa itu wudlu, kemudia Rasulullah menjelaskan tentang thaharah. Oleh sebab itu mari kita belajar Ilmu syari’ah yang sesuai ajaran Rasulullah dengan baik.

Yang terakhir sahabat kita menuju perjalanan ke pos ke tujuh, di sini kita akan ditanya tentang hubungan sesama manusia, seberapakah kita mendzolimi sesama manusia? Pos yang terakhir ini sangat krusial menuju surga Allah, kalau Iman kita bagus, puasa full, zakat sudah mengeluarkan, haji dan umroh sudah, thaharah bagus, akan tetapi kita sering menganiaya sesama manusia, dari sini kita akan terjerumus ke neraka jahanam yang sudah menanti kita semua.

Sekian sahabat semoga bermanfaat bagi kita semua

 

Wassalam…….

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s